Kegiatan Sekolah

"Sekolah yang baik adalah sekolah yang mengajarkan Spirituality, Compassion (kasih sayang) dan Mercy. Sekolah yang Mengajarkan CINTA"

Dr. KH Jalaludin Rakhmat, M.Sc

Pendiri Yayasan Muthahhari

Keagamaan

Keagamaan di sekolah SMP Bahtera selain menjadi dasar untuk pegangan dasar tata cara beribadah, bersosialisasi, dan bertutur kata. Keagamaan Disekolah SMP Bahtera menjadi awal dan memantafkan Bacaan Anak dalam Membaca Al Quran.

Seni & Budaya

Seni Budaya di Sekolah SMP Bahtera di design untuk menumbuh kembangkan minat dan bakat  murid atau peserta didik dalam bidang yang ingin dipelajarinya. Jadi selain Pelajaran Seni Budayanya lebih khususnkan dari masing masing Bidang. Murid dipersilahkan memilih sesuai bakat dan Kemampuannya dalam bidang tersebut.

Kreasi Barudak Bahtera

Kibar adalah Program Khas Seni Budaya di Sekolah SMP Bahtera yang merupakan Singkatan dari "Kreasi Seni Barudak Bahtera". KIBAR juga bisa diartikan "Kieu Bagi Rapotna". Kibar adalah persembahan kreasi Murid SMP Bahtera selama belajar 1 semester, merupakan praktek dalam mempelajari Pelajaran Seni Budaya. Murid yang menjadi Talent dalam Event Kibar, dan yang menjadi Penonton tidak hanya Teman disekolah maupun Keluarga dirumah, tapi Kibar bisa di tonton oleh masyarakat Umum, karena untuk meningkatkan dan kepercaya dirian murid. Karena Kibar digelar dipusat keramaian Kota.

City Tour

Program Pesantren Ramadhan adalah Program 1 Tahun sekali yakni di Bulan Suci Ramadhan dengan dikemas dengan pembelajaran Full tentang keagamaan biasa disebut Pesantren Ramadhan. Lalu ditutup dengan Kajian Islami di Malam Lailatul Qodar dan Khataman Al Quran seluruh Murid beserta guru.

Pesantren Ramadhan

Selain Kibar, Pesantren Ramadhan Program Unggulan sekolah SMP Bahtera ada yg namanya City Tour seluruh Murid Belajar Diluar sekolah dan mempelajari langsung proses atau sejarah yang dijaga oleh Pemerintah. Dilakukan dengan mengunjungi Museum, Situs situs bersejarah, maupun Pabrik pabrik produksi makanan maupun Alat produksi, diantaranya mengunjungi Pabrik makanan, olahan Minuman, dan Pabrik Percetakan. Disana murid akan mendapatkan banyak pengalaman, selain ilmu yg didapat murid belajar langsung dan melihat proses kerjanya.

Field Trip

Fildtrip adalah Program yg paling digemari oleh Murid beserta Guru guru, karena disana Murid dan Guru akan menyatu, bermain dan memaknai arti dari Habblu Minal Alam. Selain kita sesama Manusia hidup berdampingan, kita juga hidup berdampingan bahkan saling membutuhkan satu sama lainnya dengan Alam, dengan tumbuh tumbuhan dari oksigen yang di Produksi oleh tumbuh tumbuhan lalu bisa dihirup segar oleh Manusia. Disitu murid dan para guru bagaimana belajar memahami, menghargai, dan menjaga Alam kita supaya kita sebagai Manusia bisa hidup sehat dan bisa menjaga dan melestarikan bagaimana pentingnya menjaga Alam.