abstract_04.png

Menangkap Keindahan

Mereka yang pandai berterima kasih dan bersyukur adalah orang yang mengalami perkembangan otak lebih baik dan memiliki kehidupan yang lebih baik serta menjadi orang yang bahagia.

Dr. KH Jalaludin Rakhmat, M.Sc

Pendiri Yayasan Muthahhari

Mengapa Lifeskills

​Masa pendidikan di Sekolah menengah pertama adalah masa yang lebih kompromistis, ketika anak didik mulai dihadapkan pada tantangan realitas. Periode yang lebih reflektif, ketika murid mulai diantarkan kepada pengenalan diri mereka, waktu yang sangat krusial dalam pembinaan mental mereka, sudah lebih "matang" dari anak SD tapi belum "seberani" anak SMA. Karena itu, Bahtera adalah Kawah Candradimuka bagi penggodokan karakter anak didik. Inilah saat yang paling tepat untuk memberikan kecakapan hidup dan dasar-dasar dari nilai-nilai universal yang akan membentuk kepribadian yang tangguh.

Masa pendidikan di sekolah menengah pertama adalah masa yang lebih kompromistis, ketika anak didik mulai dihadapkan pada tantangan realitas. Periode yang lebih reflektif, ketika Murid mulai diantarkan kepada pengenalan diri mereka, Waktu yang sangat krusial dalam pembinaan mental mereka, sudah lebih "matang" dari anak SD tapi belum "seberani" anak SMA. Karena itu, Bahtera adalah Kawah Candradimuka bagi penggodokan karakter anak didik. Inilah saat yang paling tepat untuk memberikan kecakapan hidup dan dasar-dasar dari nilai-nilai universal yang akan membentuk kepribadian yang tangguh.

Mengapa Character

Mengapa Labschool

Anak-anak sekolah menengah sudah cukup mampu menangkap hikmah dan memberi makna dalam persepsi mereka memandang dunia. Di sinilah juga peranan guru tampak begitu krusial dalam membimbing dan menjadi teladan bagi murid dalam keseharian mereka. Dengan pola seperti ini, sekolah menjadi laboratorium yang ditujukan untuk menghasilkan anak didik yang cakap dan memiliki keterampilan yang kompetitif, serta kepribadian prestatif yang tinggi.

Atas dasar itulah kami menyematkan kata "Labschool" dalam nama Sekolah menengah yang kami dirikan ini.

Dalam Bahasa Arab, Muthahhari artinya "yang disucikan". Proses pendidikan selayaknya adalah proses penyucian diri. Masih dalam Bahasa Arab proses penyucian ini digunakan juga berarti tumbuh dan berkembang. Pendidikan adalah proses tumbuh kembang anak yang harus diarahkan pada penyucian.

Mengapa Muthahhari

Sapa Pertama Sekolah Bahtera

“Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan izin Tuhan dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya yang tumbuh merona. Demikianlah Kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda orang orang yang bersyukur”

( QS. Al A'raf : 58 )

  1. Melejitkan dan mengidentifikasi potensi kecerdasan majemuk murid.

  2.  Membimbing dan mempersiapkan murid dalam menghadapi kebutuhan zaman.

  3. Menanamkan rasa percaya diri dan kemampuan dalam menghadapi tantangan zaman.

  4. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ruhaniah dalam kehidupan.

  5. Menyiapkan lulusan pendidikan dasar yang tangguh dan cakap dalam melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.