top of page

Cara SMP Bahtera Melestarikan Budaya Tradisional

Diperbarui: 13 Okt 2023

SMP Bahtera Muthahhari Bandung mempunyai cara tersendiri untuk melestarikan budaya tradisional Sunda. Satu di antaranya dengan kegiatan ekskul Symphony Angklung Bahtera, yang dilaksanakan pada tiap Jumat, jam 13:55-15:15 WIB yang berlangsung di ruang kelas, lantai 2 Gedung SMP Bahtera Muthahhari Bandung.


Kegiatan Symphony Angklung Bahtera merupakan program yang wajib diikuti murid-murid kelas 7 sampai kelas 8, yang dibimbing langsung Bapak Riki Nugraha.


"Kegiatan Symphony Angklung Bahtera diadakan selain karena mempelajari alat musik tradisional, kita juga melestarikan dan menjaganya supaya kesenian tradisional tidak punah dan terus mendunia," ujar Kalisromi, Koordinator Seni Budaya SMP Bahtera.


Tidak hanya mengenal angklung, Bapak Riki juga memberikan ilmu dasar pada murid tentang cara memainkan, menggerakkan, dan membunyikan angklung. "Belajar dan berlatihlah sungguh-sungguh karena dasar belajar tidak ada yang sia-sia, bahkan menjadi tabungan kita untuk di hari esok nanti," pesan dari Kalisromi untuk para anggota Symphony Angklung Bahtera.


Seorang anggota Symphony Angklung Bahtera, Annisa Novitarisa Alqoyumi dari Kelas 8B, menyatakan perasaannya saat mengikuti kegiatan pentas Symphony Angklung Bahtera. "Perasaan aku pas ikut kegiatan angklung sih seneng baget soalnya gurunya asik terus lagu nya juga enakeun. Pas ikut lomba atau pertunjukan juga seru banget. Satu kalimat buat Angklung Bahtera dari aku sih I Love You," ujar Annisa.


Beberapa kegiatan yang telah diikuti oleh Anggota Symphony Angklung Bahtera angkatan 12 dan 13 adalah KIBAR (Kreasi Barudak Bahtera), Lomba Angklung RESWARA SMA BPI, Perayaan Maulid Nabi di Aula Badarusamsi Ditkuad, Kelulusan Angkatan 11 SMP Bahtera, dan Kelulusan Angkatan 12 Sekolah Cerdas Muthahhari. ***


Penulis : Nadhira Khaira Khalqi, Murid Kelas 8 SMP Bahtera Bandung

Comments


bottom of page