top of page

Kreasi Seni Barudak Bahtera (KIBAR)

Setiap akhir semester SMP Bahtera mengadakan acara Kreasi Seni Barudak Bahtera (KIBAR) yang diikuti seluruh murid dan guru SMP Bahtera. Acara KIBAR dilakukan di  sekolah dan luar sekolah. Pada awal semester ini, acara KIBAR dilaksanakan di Mall atau Gedung Swasta. Acara KIBAR pernah dilaksanakan di Aula dan Lapangan Olahraga SMP Bahtera.


Saat acara KIBAR dilaksanakan, seluruh murid akan menampilkan hasil dari ujian kelas Seni Budaya masing-masing. Kelas Seni Budaya di SMP Bahtera berjumlah enam program yaitu kelas Seni Tari, kelas Seni Teater, kelas Seni Vocal, kelas Seni Gitar, kelas Seni Rupa dan kelas Seni Gamelan.


Dalam acara KIBAR biasanya dilakukan bakti sosial dan penampilan seni budaya yang diikuti murid selama satu semester. "Aku sangat senang dan antusias untuk tampil di acara KIBAR tahun ini, karena aku bisa mengasah keberanian dan keahlianku di kelas Seni Budaya Tari," ujar Aurelia, murid kelas 8 SMP Bahtera (17/8/2023).


"Pihak sekolah berharap dengan diadakannya acara KIBAR ini dapat menjadi sarana latihan untuk memupuk rasa kepercayaan diri murid, karena rasa percaya diri harus ditanamkan pada murid agar mereka terbiasa untuk tampil di depan banyak orang," ucap Ibu Lies Adjeng Dewi Aminah, Wakasek Kurikulum SMP Bahtera, saat ditanya mengenai tujuan diadakannya acara KIBAR (24/8/2023).


Bagaimana kesan murid SMP Bahtera saat mengikuti acara KIBAR? "Aku sangat senang sekaligus gugup saat mengikuti acara KIBAR," ujar Regina, murid kelas 9 SMP Bahtera (19/8/23).


"Aku juga sangat tidak sabar untuk mengikuti dan tampil di acara KIBAR tahun ini," kata Al-Kazhim, murid kelas 7 SMP Bahtera (17/8/23).


Acara KIBAR adalah khas SMP Bahtera Bandung. KIBAR juga sebagai inisiatif guru yang ingin menampilkan kreasi murid sebelum memberikan raport. Karena itu, kata KIBAR juga bisa diartikan sebagai Kieu Dibagi Rapotna, yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Begini dibagi Rapornya. ***


Penulis: Nurul Mardhiyyah Az-Zahra, murid kelas 8 SMP Bahtera Bandung.

Tulisan ini merupakan tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bahtera yang diampu oleh Ibu Neng Nuraeni, S.Ag.



Kommentare


bottom of page